Arduino pada Ubuntu


Bismillah,

Jadi berawal dari tugas akhir mata kuliah Mikrokontroler yang mengharuskan untuk menggunakan device yang kompatibel dengan Arduino IDE , saya dan teman saya (kelompok 2 orang) memutuskan untuk membeli board Arduino Uno Rev.3 . Itu pun belinya nunggu lama karena stock arduino uno di toko elektronik 51 habis, juga di beberapa toko online yang masih inden. Sampai akhirnya teman saya menemukan sebuah online-store yang ready-stock untuk Arduino Uno. Dan ini penampakan arduino uno (unboxed) :

Kenapa harus Uno? bukan Mega/Leonardo/Nano/Lilypad sekalian? Ya sebenernya tergantung kebutuhan juga sih, dan juga salah satu aspek yang menentukan yaitu : budget! Dengan harga pasaran Rp 270.000,00 – Rp 290.000 , Arduino Uno Rev.3 sudah cukup untuk membuat perangkat elektronik cerdas karena memiliki 14 pin I/O dengan 6 Analog Pin, VRef 5V , dan lain lain (bisa cek di website nya untuk spesifikasi lengkap). Untuk menghubungkan arduino dengan PC/Notebook digunakan kabel USB DKU (sama seperti kabel printer).

Pertama kali saya mencoba mengisi program pada arduino tersebut melalui windows, dan itu hal yang mudah (tinggal install driver,dan jadi). Kemudian saya jadi ingin mencoba menggunakan Ubuntu untuk mengunggah sketch (nama source-code yang digunakan arduino) ke Uno saya. Setelah googling beberapa saat akhirnya saya dapat menghubungkan Arduino Uno saya ke Ubuntu 12.04. Berikut saya berikan langkah nya :

1. Unduh dan pasang beberapa package yang dibutuhkan yaitu : avr-libc, avrdude, binutils-avr, gcc-avr, arduino, openjdk-6-jre. Caranya seperti biasa, menggunaka apt-get :

$ sudo apt-get install avr-libc avrdude binutils-avr gcc-avr arduino openjdk-6-jre

2. Kemudian hapus package brltty karena kemungkinan akan crash dengan port komunikasi serial.
$ sudo apt-get remove brltty

3 .  Setelah selesai, hubungkan arduino board ke PC/notebook anda, dan ketikkan pada terminal :

$ dmesg | grep tty
[ 0.000000] console [tty0] enabled
[ 81.653857] usb 2-1.2: GSM modem (1-port) converter now attached to ttyUSB0
[ 81.654028] usb 2-1.2: GSM modem (1-port) converter now attached to ttyUSB1
[ 81.654167] usb 2-1.2: GSM modem (1-port) converter now attached to ttyUSB2
[ 81.654287] usb 2-1.2: GSM modem (1-port) converter now attached to ttyUSB3
[ 8069.049542] cdc_acm 2-1.4:1.0: ttyACM0: USB ACM device

dari pesan tersebut nampak pada notebook saya ada devive baru dikenali pada port serial ttyACM0.

4. kemudian buka IDE arduino dengan mengetikkan:

$ arduino

5. Pada menu Tools/Serial Port , pilih port serial sesuai dengan milik anda, (misal milik saya /dev/ttyACM0 , sesuai dengan yang tadi muncul)

6. Coba salah satu example dan upload

7. Ketika selesai dan benar maka muncul tulisan : Done Uploading pada bagiam bawah.

Selesai! Alhamdulillah ..

Kiranya sekian saja tulisan saya kali ini, semoga bermanfaat. Saya juga masih newbie dalam dunia linux dan arduino jadi jika ada yang mau mengkoreksi tulisan ini saya persilakan. Dan kalau ada yang mau bertanya juga saya persilakan,insyaAllah saya jawab kalau memang saya tau jawabannya. Terimakasih atas kunjungannya. Ada kurangnya mohon maaf.

 

2 thoughts on “Arduino pada Ubuntu

Tinggalkan komentar

