Menggabungkan File *.001 Menggunakan Command Line


Mungkin bagi anda yang gemar download film bajakan  sering mengalami masalah ketika file yang didownload memiliki akhiran *mkv.001 , *.mkv.002 , dst. File tersebut oleh pemilik sebelumnya telah di pecah/dibagi pada byte-level menjadi beberapa bagian yang (biasanya) sama besar. Dan jika kita menggunakan Sistem Operasi Wind#ws, kita memerlukan aplikasi pihak ketiga untuk menyatukan file-file pecahan tadi (ada atau tidak cara menyatukanya lewat command prompt saya tidak tahu :p). Namun bagi anda yang menggunakan Sistem Operasi berbasis debian (Debian, Linux Mint, atau Ubuntu) saya memiliki cara untuk menyatukan file-file pecahan tersebut hanya menggunakan command-line.

Berikut cara menyatukan file-file yang dipecah pada byte-level dengan mengikuti pola *.001 , *.002, *.003, dst :

Pertama buka terminal/console, lalu masukk ke direktori/folder tempat file pecahan tersebut berada

Kemudian, misal nama file aslinya adalah : worldpress.mkv dan dipecah menjadi > worldpress.mkv.001 , worldpress.mkv.002 , worldpress.mkv.003, dan berada di folder Downloads, maka cukup ketikkan perintah berikut:

cd /home/nama-user/Downloads/
cat worldpress.mkv.* > worldpress.mkv

tunggu beberapa saat hingga selesai, lalu cek di folder kerja anda maka akan ada 1 file baru yang merupakan hasil penggabungan ketiga file pecahan tersebut. Untuk catatan, perintah ini dapat digunakan untuk semua tipe file, tidak hanya mkv,  dan tentunya dengan penyesuaian pada command yang kita ketikkan.

Advertisements

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s