Content Aware Fill , Fitur Mantap dari Adobe Photoshop CS4 ++


Pada postingan kali ini saya membahas, atau lebih tepatnya mempraktekkan penggunaan fitur “content-aware fill” pada photoshop. Fitur yang mulai dipasang pada Adobe Photoshop seri CS4 dan ditingkatkan di CS5 ini sangat berguna bagi seorang yang berkecimpung di dunia fotografer maupun desain grafis. Saya pun baru mengetahui fungsi dari fitur ini belum lama,dan saya menjadi berpikir mungkin masih banyak yang belum memanfaatkan fitur ini karena tidak mengetahui fungsi dari fitur keren ini. Oleh karena itu, langsung deh saya post di web ini.

Apa itu Content-aware Fill? Untuk definisi, akan lebih jelas jika saya jelaskan melalui sebuah kasus. Misalnya anda memiliki foto pemandangan sebuah pantai,namun pada foto tersebut ada batang kayu besar dan anda ingin menghilangkannya. Memang sih, bagi yang sudah  terbiasa menggunakan Photoshop akan dengan mudah menghapusnya dengan menyeleksi objek tersebut dan mengganti isinya dengan warna dan komponen yang sesuai lingkungannya menggunakan clone stamp tool. Namun hal itu pun membutuhkan waktu lama dan ketelitian yang besar. Sedangkan dengan content-aware fill hanya dibutuhkan beberapa step mudah dan finishing untuk menghaluskan hasilnya.

Masih belum ada gambaran?okelah,langsung praktek saja, karena learning-by-doing akan lebih efektif.

1. Buka adobe photoshop cs4 atau cs5 dan masukkan file foto yang ingin di edit

2.  Seleksi batang kayu (objek yang akan dihapus), tidak harus detil/rapi, cukup di sekitar objek saja.

3. lalu klik edit -> fill, dan pilih content-aware fill seperti ini:

4. klik OK, tunggu hingga proses selesai, dan hasilnya kurang lebih seperti ini:

Nah dari hasil itu tinggal dikembangkan sendiri-sendiri ya untuk photo retouching nya. Bisa diperhalus, diratakan kontras/warnanya. Sudah paham?keren kan? yo lumayan lah, sangat mempermudah kerja kita daripada harus manual. Demikian,sampai jumpa di tutorial berikutnya (kalau ada) :D

Kalau ada yang ingin ditanyakan,ditambahkan,atau mungkin disanggah, monggo via comment-space yang disediakan dibawah. Maturnuwun, terimakasih.

Advertisements

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s