KONSEP EMBEDDED SYSTEM PADA NOKIA LUMIA 920


Nokia Lumia 920 adalah salah satu ponsel cerdas terbaru keluaran dari Nokia. Seperti versi pendahulunya, ponsel ini masih setia menggunakan sistem operasi Windows. Hanya, kali ini digunakan seri terbaru yaitu Windows phone 8.

metro ui windows phone
metro ui windows phone

            Seperti yang telah kita sepakati, suatu Embedded System (sistem benam) merupakan sebuah sistem l menyerupai komputer yang melakukan suatu fungsi tertentu. Fungsi tertentu tersebut diantaranya sebagai media penyimpanan data, alat komunikasi, pengambil gambar, dan lain sebagainya. Dikarenakan hanya melakukan fungsi tertentu, maka komponen penyusun embedded system lebih kecil jika dibandingkan dengan personal computer. Dan menurut konsep tersebut, Nokia Lumia 920 dapat kita sebut sebagai embedded system dengan jenis smartphone.

            Telah kita ketahui bahwa trend embedded system dewasa ini ialah penggunaan System on Chip (SoC), yaitu Intregated Circuit yang mengintegrasikan beberapa macam komponen dari sebuah komputer atau sistem elektronik lain dalam sebuah chip tunggal. SoC dapat berisi sinyal digital, analog, maupun campuran, serta kadang juga radio-frequency function dalam sebuah chip tunggal. Pada umumnya Soc tersusun atas mikrokontroler, mikroprosesor atau DSP (Digital Signal Processor) core. Ada yang single core, namun belakangan ini kebanyakan smartphone menggunakan dualcore bahkan quadcore. Lalu ada blok memori (RAM, ROM, EEPROM), oscilator, timer, interface eksternal (USB, USART, SPI, dll), Analog interface, pengatur tegangan dan sirkuit manajemen sumber daya. Untuk Nokia Lumia 920 sendiri menggunakan Soc Snapdragon manufaktur Qualcomm dengan seri MSM8960. Chip dengan fabrikasi 28 nm ini menggunakan CPU ARMv7 dual-core dengan kemampuan clock speed mencapai 1,7 GHz. Sedangkan GPU(Graphical Processing Unit)  yang digunakan ialah Adreno 225 dengan dual channel memori yang sudah mendunkung Direct3D feature level 9_3. Untuk teknologi jaringan nirkabel radio-frequency, SoC ini dibenamkan Bluetooth 4.0, 802.11a/b/g/n (2.4/5 GHz), World Mode (LTE FDD/TDD CAT3, SVLTE-DB, TD-SCDMA, Rel9 DC-HSPA+, GSM/GPRS/EDGE, EGAL, 1× Adv., 1× EV-DO Rev. A/B).

            Selain sistem chip, juga ada sistem tampilan/layar dan pada Lumia 920 ini digunakan LCD berukuran (diagonal) 4.5 inch dengan resolusi 1280×768 WXGA yang memiliki kerapatan piksel 332 ppi. Layar tersebut juga dilengkapi dengan panel IPS (in-plane-switching) yang menghasilkan sudut pandang lebih luas dengan akurasi produksi warna yang tinggi serta dapat mereduksi motion-blur.

Selain itu juga ada kamera, yang menggunakan teknologi PureView dengan resolusi 8,7 MP yang memiliki fitur optical image-stabilization. Sensor yang digunakan ialah Back Side Illumination (BSI), yang mampu meningkatkan performa kamera dalam kondisi cahaya yang kurang (redup), dengan lensa Carl Zeiss yang mampu merekam video HD beresolusi 1080p. Sebagai data masukan, terdapat berbagai sensor yaitu Multitouch capacitive touchscreen, sensor kelembapan, sensor cahaya, gyroscope, magnetometer, dan accelerometer 3 axis.

            Teknologi sumber daya yang dibenamkan dalam Nokia Lumia 920 ini ialah Lithium Polimer BP-4GW dengan kapasitas 2000 mAH. Smartphone ini sudah mendukung teknologi inductive charging yaitu proses pengisian ulang daya baterai nirkabel (sering disebut wireless charging). Memang tanpa kabel, namun menggunakan coil untuk memindah energi dari charger (primary coil) ke device (secondary coil).

            Sistem Operasi yang ditanamkan pada Nokia Lumia 920 ini ialah Windows Phone 8. Sistem Operasi ini dapat digolongkan sebagai Embedded Operating System.Windows Phone merupakan generasi kedua dari Windows Phone mobile operating system.Sistem operasi ini memiliki interface sederhana, kotak-kotak, tersusun dalam grid yang dikenal dengan nama Metro UI / Modern UI, dan merupakan sistem operasi Closed-Source (commercial and also propertiary).Kernel yang digunakan ialah Microsoft NT kernel, sama seperti yang digunakan oleh Windows 8. NT kernel menggunakan teknologi hybrid kernel yaitu kombinasi beberapa aspek dari arsitektur microkernel dan monolithic kernel. Dengan NT Kernel, Windows Phone 8 mendukung multi-core CPU serta NTFS File System. Windows Phone 8 juga mendukung multi-tasking, sehingga pengguna dapat menjalankan suatu aplikasi tanpa harus menutup aplikasi lainnya, serta dapat berganti dari aplikasi yang sedang aktif dengan aplikasi yang sedang berjalan di background. Sistem Operasi ini juga memiliki kemampuan NFC (Near Field Communication) yang memungkinkan dua device bersistem operasi windows 8 bertukar informasi/data melalui fitur Tap and Send.

Advertisements

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s