Instalasi dan kompilasi TinyOS pada Ubuntu 13.10


downloadSistem operasi dari komputer yang saya gunakan ialah Ubuntu Saucy (13.10). Pada ubuntu, karena merupakan sistem operasi LINUX/UNIX maka hal yang pertama di lakukan untuk melakukan instalasi ialah menambahkan daftar repositori pada direktori /etc/apt/source.list.

 

Kemudian, lakukan instalasi tinyos dengan perintah

$ sudo apt-get install tinyos-source tinyos-tools nescc

Pada awal percobaan, nescc (nested-c compiler) gagal diinstall karena crash dengan paket aplikasi kate-data (dependency dari aplikasi video editor : KDEnlive). Hal ini membuat saya harus menghapus program editor video tersebut demi terpasangnya nescc.. Oleh karena itu saran saya untuk dapat menggunakan nescc anda harus menghapus segala sesuatu yang berhubungan dengan KDE (yang kira-kira memiliki dependency kate-data) terlebih lagi untuk pengguna desktop environment KDE, sebaiknya ganti dan hapus KDE tersebut.

Setelah semuanya berhasil dipasang, kemudian dilakukan pengecekan environment dengan perintah

$ tos-check-env

Setelah itu masuk ke direktori tinyos. Pada mulanya saya tidak tahu lokasinya, namun dengan bantuan perintah ‘locate tinyos’ akhirnya ditemukan bahwa instalasi tinyos disimpan dalam direktori /usr/src/tinyos . Kemudian, masuk ke direktori /tinyos/apps/. Di dalam direktori tersebut terdapat beberapa macam contoh aplikasi tinyOS yang sudah dibuat. Karena ingin mencoba kompilasi, maka saya menggunakan contoh kode dari sini. Program yang saya pilih ialah Radio Sense To leds. Program ini merupakan contoh pada platform sensor node dengan standar 4Hz dan mengirimkan paket data dalam AM packet. Node yang menerima broadcast menampilkan 3 bit nilai paling dasar yang diterima. Aplikasi ini sebagai contoh dasar penggunaan komunikasi AM, timer, dan kerja sensor dalam TinyOS. Untuk melakukan kompilasi diperlukan compiler untuk platform msp430. Maka dari itu saya melakukan instalasi paket msp430-gcc. Setelah itu, saya coba melakukan kompilasi. Daftar platform yang dapat digunakan sebagai target dapat dilihat di direktori /usr/src/tinyos/tos/platforms . Saya mencoba melakukan kompilasi untuk platform EyesIFX yang merupakan sensor node dengan mikrokontroler MSP430, dengan memori eksternal 8Mbit dan support TinyOS (http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_wireless_sensor_nodes).

Untuk kompilasi digunakan perintah make <platform> , maka saya ketikkan di terminal :

$ make eyesIFX

Namun ternyata masih ditemukan error dengan pesan :

make: javac: Command not found

download (1)Ternyata diperlukan instalasi JDK (java development kit) untuk melakukan kompilasi aplikasi TinyOS. Maka saya melakukan instalasi lagi paket java jdk :

$ apt-get install openjdk-7-jdk

 

Setelah paket JDK berhasil dipasang, saya coba lagi perintah make, dan alhamdulillah, berhasil.
Berikut bukti screenshoot nya :

build for eyeIFXv2 success
build for eyeIFXv2 success

 

Program yang berhasil dibuat tersimpan dalam direktori:

/usr/src/tinyos/apps/<nama aplikasi>/build/<nama platform>

*contoh kalau punya saya di dalam direktori :

/usr/src/tinyos/apps/RadioSenseToLeds/build/eyesIFXv2

Sekian pengalaman instalasi dan kompilasi aplikasi TinyOS untuk platform msp430 menggunakan notebook Lenovo G460 dengan sistem operasi Linux (Ubuntu 13.10).

2 thoughts on “Instalasi dan kompilasi TinyOS pada Ubuntu 13.10

Tinggalkan komentar

