sharing with creative people at kumpul kreavi #8


Long time no post!

Jadi ceritanya kemarin, Ahad 09 Maret 2014 saya dan salah seorang teman mengikuti sebuah event di Fakultas Teknik UNY.  Event yang bernama Kumpul kreavi itu diinisiasi oleh kreavi dengan bantuan beberapa komunitas lokal seperti Lesehan studio, JToku, UniteUX, Jogjaforce, dan lain-lain. Kreavi merupakan sebuah komunitas yang menyediakan portal untuk menghubungkan talenta-talenta kreatif asli indonesia dengan dunia bisnis ( dari website nya tulisannya begini : KREAVI CONNECTS INDONESIAN CREATIVE TALENTS TO PEOPLE AND BUSINESSES. For better quality, Opportunity and Economic Value). Kalo kalian buka kreavi.com maka sepintas yang tampak ialah Behance / dribble – nya indonesia. Nah kurang lebih begitu. Alasan mereka mendirikan komunitas/portal ini sangat mulia yaitu mereka yakin bahwa seni, desain dan kreativitas visual mampu memberi dampak positif yang besar terhadap kehidupan.

Selain menyediakan portal online tersebut mereka juga memiliki program rutin yaitu event seperti seminar mengenai dunia kreatif, yang diberi nama Kumpul kreavi. Kumpul kreavi selalu menghadirkan pembicara-pembicara keren dalam negeri (seniman visual, profesional, businessman). Dan luarbiasa nnya setiap event tidak dipungut biaya apapun dari peserta.  Kumpul kreavi yang ke-8 kebetulan diadakan di kota pendidikan, kota budaya: JOGJA! Tepatnya di Auditorium KPLT F.Teknik UNY.

dari jogja untuk dunia!

Acara yang dimulai sejak jam satu siang ini mengambil tema “Dari Jogja Untuk Dunia” yang sepaham saya yaitu mencoba menjabarkan hal-hal yang perlu diperhatikan oleh para pemuda (khususnya seniman visual) Jogja dalam berkarya sehingga mampu mendunia. Pembicara pertama yaitu mas Heru Prasetyo. Dia merupakan illustrator asli Jogja. Karya-karyanya mungkin beberapa orang jogja sendiri kurang familiar namun di bagian negara lain seperti London, Amerika, Kanada, sampai Timur-Tengah sudah banyak yang bersedia antri untuk memperoleh hasil karya mas Heru. 

mas Heru

Kemudian ada mas Perdana Adi Nugroho, lelaki klaten yang sekarang berdomisili di bantul. Mas Adi pada mulanya mencoba beberapa profesi seperti web-designer, juga fotografer. Hingga pada akhirnya dia memutuskan untuk menggeluti bidang infographicWalaupun di Indonesia sendiri bidang infografis masih kurang diminati pelanggan, namun di luar sana justru sedang naik daun, dan masih sedikit desainer grafis yang menggeluti bidang itu. Pengisi terakhir ialah mas Aditya Nugraha Putra. Dia merupakan lulusan terbaik jurusan DKV dari salahsatu kampus swasta di Jogja. Sekarang dia telah memiliki studio desain bernama weirdsgn yang fokus pada desain ikon dan tampilan antarmuka.

mas Adi
mas adit (tengah)

Beberapa pesan penting dari para pembicara :

“Yang penting Percaya Diri dengan karya anda”

“Selalu update portfolio anda supaya terlihat laris”

“Carilah pasangan yang tepat”

“Untuk klien asing, berilah treatment yang baik, yang penting fast response

“Yang memotivasi saya ketika down? ya ingat anak istri saya.”

“Anda harus bisa menilai karya anda sendiri”

“Kita harus mulai memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa desain grafis itu perlu proses, bukan hal instan”

*maaf beberapa kalimat tidak sama persis, cuma intinya saja yang mirip*

berikut bonus foto dokumentasi acara :

foto bareng! find me!

dan berikut bonus paling utama, slideshow materi presentasi dari mas Adi :

Sekian, semoga bermanfaat!

Creativity is not the finding of a thing, but the making something out of it after it is found.

James Russell Lowell

Advertisements

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s