Jalan Jalan Bro! #2 : Panawangan dan sekitarnya


Kali ini saya akan menuliskan cerita jalan jalan bro #2. Sebenernya #latepost banget sih, tapi tak apalah daripada blog dianggurin *sambil bebersih sarang laba-laba*
Jadi sesuai rencana beberapa pekan sebelumnya, kami (saya beserta 4 teman subunit 3 lainnya) memutuskan berangkat berlibur ke ciamis pada tanggal 25 April 2014. Sebenarnya semua anak sub3 diajakin,tapi seleksi alam-lah yang menunjukkan siapa saja yang solid (selo maksudnya). Mereka ialah Aul, Unin, Lili, Kevin, dan saya. Dengan tujuan awal ialah menengok lokasi KKN (padahal belum ada setahun udah pengen balik lagi ke cibogor). Pada hari jum’at kuturut ayah ke kota kami bertemu di stasiun lempuyangan sesuai jam yang ditentukan. Kereta berangkat pukul 14.00. Di dalam kereta tidak banyak yang dapat diceritakan. Iya sih, palingan cuma pasangan yang mengumbar kemesraan tidak pada tempatnya (udah di tempat umum, di depan mata seorang jomblo lagi. sungguh tak punya hati nurani).

kelakuan di kereta :|
kelakuan di kereta 😐

Sampai stasiun ciamis sekitar jam setengah 8 malam, dan sudah ditunggu oleh ayahnya aul. Bukannya dibawa ke rumah, kami dibawa langsung ke salah satu warung bakso favorit di sana (tau aja ya perut lapar menahan derita di kereta). Puas makan baso, kami menuju rumah kediaman aul dan beristirahat.

Keesokan harinya, kami segera bersiapsiap menuju panawangan. Rencana awal sih di panawangan paling sampai siang, terus main ke cirebon atau kuningan. Rencananya.
Berangkatlah kami sekitar jam setengah 9 pagi. Melalui jalan ini, cukup mengobati kerinduan teman-teman akan desa panawangan. Sekitar satu jam kemudian kami tiba di depan pondokan. Nampak ibu pondokan sedang di warung ketika kami mendatanginya. Entah rasa kaget, senang, serta bingung tampak ketika menyambut kedatangan kami. Ngobrol sana-sini, sambil menunggu jam pulang sekolah. Beliau pun meminjamkan kunci rumah pondokan yang dulu pernah jadi rumah kami selama 2 bulan itu. Rupanya beliau paham kalau kami juga ingin merasakan kembali atmosfer rumah itu.

selfi di pondokan [1]
selfi di pondokan [1]
selfi di pondokan [2]
selfi di pondokan [2]
teras depan pondokan [lagi]
teras depan pondokanteras depan pondokan. dulu sih jadi jemuran+parkir motor :))
teras depan pondokan [lagi] . dulu sih jadi tempat jemuran+parkir motor :))

Tak lama kemudian beberapa anak kelas 1-2 sdn 2 panawangan mulai berhamburan di jalanan. Jam pulang mereka memang lebih awal. Beberapa anak ada yang malu-malu ketika hendak menyapa kita. Melihat kecanggungan mereka, kami yang duluan menyapa mereka hingga mereka berlarian menghampiri kami. Sesi kangen-kangenan dimulai.

depan atas pondokan. bersama anak kelas 1-2
depan atas pondokan. bersama anak kelas 1-2

Sekitar jam 11, kami memutuskan naik ke sekolah. Perkiraan jam segitu pas KBM sudah selesai. Dengan sedikit mengendap-endap kami berjalan ke SD, niatnya ‘sembunyi’ ke ruang guru dulu sambil menunggu bel pulang sekolah. Namun apadaya dikarenakan kharisma kami yang sangat besar kebetulan ada siswa kelas 6 yang di luar kelas melihat kehadiran kami, dan sontak teriakan mereka yang mengabsen nama kami satu per satu menghebohkan kelas 5 dan 4 yang masih berada di kelas. Kericuhan tak dapat dihindari (agak berlebihan mungkin di bagian ini). Namun kami tetap masuk ke ruang guru karena sadar itu masih jam KBM. Di ruang guru, para guru menyambut kami dengan jabat tangan dan pelukan. Sangat hangat, sehangat ketika kami pertama datang di sini. Kami juga disuguhi makanan khas : ketupat+krupuk+sambal. lumayan mengganjal perut.

bersama barudak sd 2
bersama barudak sd 2
bersama barudak sd 2 [2]
bersama barudak sd 2 [2]

Dari SD 2 kami menuju ke rumah Bu Nanik. Beribincang-bincang, masih seperti dulu. Tak lupa doa beliau kepada kami pada akhir sesi ini. Destinasi berikutnya ialah rumah a dadan (ketua karangtaruna) yang kebetulan lengkap semua ada di rumah. Dan di sana kami dipaksa makan siang. Entah antara menghargai tuan rumah atau memang udah mulai lapar, kami kalap menghabiskan makanan. Puas berbincang ngalor-ngidul kami menuju destinasi terakhir di panawangan yaitu rumah teh irma. Berceritalah teh irma bahwa saat kepulangan kami beliau merasa sangat kehilangan. Bahkan saat pulang dari mengantar kami (teh irma ikut bis sampai jogja) beliau menangis haru, sedih ketika harus membayangkan rumah yang lengang tanpa anak-anak #JBR02 yang berisik bandel dan susah diatur ini. Terharu 😦
Rencananya sih habis dari rumah teh irma kami menuju ke suatu tempat wisata deket-deket sini, namun apadaya hujan deras mengguyur panawangan, seolah tak rela kami meninggalkan tempat ini secepatnya. Dan kami ‘terjebak’ masa lalu sehingga baru beranjak pulang setelah maghrib.

pondokan sub 1 bersama teh irma
pondokan sub 1 bersama teh irma

Esoknya kami masih belum terpikirkan agenda apa yang akan dilakukan hingga pada akhirnya ada saran untuk melihat pemandangan di jembatan cirahong yang katanya eksotis. Dan, inilah bentuknya :

jembatan cirahong (belakang) atas buat lewat kereta, bawah buat nyebrang kendaraan darat bermotor
jembatan cirahong (belakang) atas buat lewat kereta, bawah buat nyebrang kendaraan darat bermotor
makan sup buah
kesegaran ditengah cuaca panas kota ciamis

Dan setelah itu, kami kembali ke rumah aul dan do nothing sampai hari berganti. Esok paginya, hari terakhir di ciamis. Packing barang dan oleh-oleh titipan teman-teman (basreng dan sebangsanya). Kereta dijadwalkan berangkat sekitar pukul 9 pagi dari stasiun ciamis. Dengan diantar kedua orangtua aul kami menuju stasiun dan berpamitan.

stasiun ciamis sebelum pulang
stasiun ciamis sebelum pulang

 

Sekian dan, kapan jalan-jalan lagi?

Advertisements

3 thoughts on “Jalan Jalan Bro! #2 : Panawangan dan sekitarnya

  1. luthfanjundi

    wo sangar juga. nek karanganyar ono rumah teh ndoro donker, neng kono ono rumah teh irma yo ndro? suasana di kebun teh pora?

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s