Kala Menikah, Apa yang Kau Cari?


“maka pernikahan ideal itu lebih pas disebut sebagai pernikahan barakah. Apa itu barakah? Barakah menurut salah seorang ulama adalah ziyaadatul khair, bertambahnya kebaikan-kebaikan.”

Secuil Gagasan

Oleh : Shibghotullah Syubbanur Robbani

Sering kali terdengar ungkapan do’a ketika kita mendapati acara pernikahan atau memperoleh kabar bahwa saudara kita seiman baru saja melangsungkan pernikahan. Do’a tersebut kurang lebih berisi harapan semoga keluarga mempelai menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, wa rahmah (SAMARA). Apakah do’a tersebut salah? Tentu tidak, karena ungkapan kata tersebut juga terdapat dalam Al-Qur`an, yaitu dalam Surah Ar-Ruum ayat 21. Tetapi apakah tiga hal tadi merupakan sesuatu yang kita cari dan cita-citakan dalam pernikahan? Mari bersama kita menyimak ayatnya serta makna sakinah, mawaddah, wa rahmah sesuai apa yang ditafsirkan olah para mufassir.

Wa min aayaatihii an khalaqa lakum min anfusikum azwaajan litaskunuu ilaihaa wa ja’ala bainakum mawaddatan wa rahmatan. Inna fii dzaalika la`aayaatin liqaumin yatafakkaruun.
Ar-Ruum: 21

Dan dari tanda-tanda kebesaranNya, Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikanNya diantaramu rasa cinta dan kasih. Sesungguhnya pada yang demikian itu…

View original post 1,425 more words

Advertisements

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s