Klasifikasi angkot


Tak bisa dipungkiri, pada beberapa wilayah di Indonesia, angkutan kota (angkot) menjadi primadona transportasi umum para warga. Seperti dulu waktu di Bandung, serta sekarang waktu di Tangerang, ke mana-mana naik angkot masih terjangkau daerahnya. Dan penumpang pun tak hanya didominasi kaum ibu-ibu ke pasar maupun anak sekolah. Para karyawan perkantoran, mahasiswa kampus ternama pun banyak yang memanfaatkan angkot sebagai sarana transportasi menuju kantor, kampus, maupun sekedar hangout di mall.

Beberapa bulan tinggal di Tangerang (dan sesekali main ke Jakarta) ini, saya menemukan beberapa jenis angkot, yang dapat saya klasifikasikan sebagai berikut:

1. Angkot biasa

dsc03531
angkot biasa

adalah angkot yang biasa. Kondisi mobil biasa, interior juga normal-normal saja. Pengemudi biasanya orang lokal. Angkot ini merupakan salah satu angkot yang lumayan nyaman untuk penumpang.

2. Angkot veteran

angkot-3-e1414673847442
angkot biasa

adalah angkot yang sepertinya sudah ada sejak perang mahabarata. Nampak luar, cat sudah mengelupas, dan beberapa bagian malah sudah berkarat. Nampak dalam kursi sudah agak sobek, serta busa kursi yang bahkan kalah tebal sama yang bersayap. Juga biasanya berkarat di beberapa spot. Beberapa angkot veteran mengeluarkan bunyi kemlothak seakan ada baut yang mau lepas, walaupun jalanan halus. Sedang kalau dilihat asap knalpot sudah sangat pekat. Akan lebih lengkap lagi pabila ada ibu-ibu membawa ikan asin dua baskom. Sensasinya tak tergambarkan.

3. Angkot Mulus

AngkotC01
angkot biasa

adalah angkot yang masih mulus seperti dedek JKT48 . Nampak luar cat masih baru, masih mulus. Entah armadanya emang baru, atau memang sangat terawat. Nampak dalam pun demikian, kursi dengan busa yang masih empuk, dan jendela masih dapat dibuka-tutup.

3. Angkot Kustom:

a. Angkot Kustom Bob Marley:

Uniknya Modifikasi Angkot di Kota Padang
angkot rastafaria

adalah jenis angkot kustom yang berkiblat pada penyanyi reggae asal jamaika. Cat mobil diberi nuansa warna bendera rastafari (Hijau – Kuming – Merah). Namun demikian cat itu hanya sedikit entah di beberapa spot, karena mereka tetap harus menonjolkan warna identitas angkot masing-masing agar tak membingungkan calon penumpang. Audio dengan bass subwoofer wajib terpasang, dengan playlist lagu-lagu reggae. Bahkan rasanya shock mobil akan mentul-mentul mengikuti bit musik reggae.

b. Angkot Kustom Dangdut

tumblr_nib95pcNfF1qbjd7uo1_500
angkot biasa

sebenarnya angkot biasa, namun dengan audio yang menggema (beberapa bahkan terdengar sangat keras dari kamar kos tiap angkot itu lewat). Dan kadang terpasang LCD 18” di belakang untuk memutar videoklip lagu-lagu dangdut.

c. Angkot galak

image0248

merupakan jenis angkot modif dengan asesoris dalam yang didesain sebisa mungkin menyerupai sebuah bar. Di bagian belakang terpajang beberapa botol wedang galak* ternama sekelas JD, JW, Chivas Regal, dan kawannya. Entah isinya bensin eceran, minyak jlantah, madu, atau apapun itu saya belum mengkonfirmasi. Selain interior, biasanya berbagai jenis asesoris disematkan pada bagian luar mobil mereka entah bumper depan tambahan, garnish, atau apapun itu jenisnya. Dan juga biasanya angkot kustom jenis ini juga dilengkapi audio set yang menggelegar.

Meski ada beberapa jenis, sepengamatan saya, penumpang tak begitu memilih jenis angkot yang dinaiki. Mereka lebih memperhatikan jumlah penumpang dalam angkot, sudah penuh berhimpit, atau masih ada ruang selo untuk duduk. Karena kebanyakan sopir berteriak masih kosong , masuk pak/bu, masih kosong , sementara isinya sudah penuh.

Demikian pemaparan saya tentang jenis-jenis angkot. Setelah beberapa bulan tinggal di Tangerang (tanpa membawa kendaraan pribadi) , dan memanfaatkan angkot sebagai salah satu transportasi utama (yang akhir-akhir ini mulai tergeserkan oleh ojek online ). Jika ada yang menemui jenis angkot lain dapat ditambahkan.

Sumber gambar:

http://s1081.photobucket.com/user/ekranoplane/media/AngkotC01.jpg.html

http://www.bekasibusiness.com/2014/10/30/2015-ratusan-angkutan-umum-di-bekasi-dimusnahkan/

http://www.pelangiholiday.com/2014/03/uniknya-modifikasi-angkot-kota-padang.html

https://danummurik.wordpress.com/2010/10/12/surat-dari-padang-1/

http://infobdg.tumblr.com/post/108329638246/angkot-kebon-kalapa-ledeng-bandung-keren

http://www.sewarga.com/wp-content/uploads/2015/11/dsc03531.jpg

[*] wedang galak adalah istilah dalam bahasa jawa untuk menyebut minuman keras

 

Advertisements

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s