Membangun aplikasi menggunakan Android Studio 2.1 (1)


Pada akhir pekan yang panjang ini, saya tertarik kembali mempelajari pembuatan aplikasi android. Terakhir mencoba sudah lama dulu masih memakai Eclipse IDE + Android SDT dan itupun masih menghitung luas segitiga. Dan sejak android meluncurkan IDE sendiri (Android Studio) , saya belum pernah benar-benar mencobanya. Install di laptop sudah pernah, tapi ya itu, dianggurkan saja.

Karena sudah lama sekali, maka saya lupa bagaimana dasar menggunakan android studio, cara debug langsung pada device androidnya. Kalau bahasanya (XML, Java) saya memang belum menguasainya. Bukan lupa. Ehe.

Oleh sebab itulah, kali ini, saya berusaha mendokumentasikan caranya agar kelak ketika lupa dapat membuka tulisan ini. Dan siapatau ada yang membutuhkan, semoga bermanfaat. Okesip.

Sebagai catatan, saya menggunakan Sistem operasi Ubuntu 16.04 LTS 32bit, Android Studio 2.1 (SDK lolipop dan marsmallow), serta device Xiaomi Mi4i untuk debug.

Pertama, pasang adb pada ubuntu dengan menggunakan commandline :

sudo apt-get install adb

Kemudian unduh android studio dari : https://developer.android.com/sdk/index.html

extract , dan letakkan pada /opt/ .

Jalankan dengan perintah

./opt/android-studio/bin/studio.sh

Akan muncul Android Studio Setup Wizard, untuk pengaturan awal aplikasi. Selesaikan proses tersebut.

Start new project

Isi semua field, dan pilih blank activity sebagai percobaan awal

pilih blank activity buat awal
pilih blank activity buat awal

ketika memilih minimum android version, sesuaikan dengan device kita (yang saya gunakan bersistem operasi Lolipop 5.0.2 , dan saya memilih Kitkat 4.4 pada minimum version)

Ketika selesai kita akan menemui tampilan editor android studio dengan default program Hello World.

tampilan IDE android studio
tampilan IDE android studio

Setelah itu coba jalankan pada device anda (ini yang sempat bermasalah) dengan klik Run, dan pilih device anda. Saat itu error message yang muncul adalah :

Unable to create Debug Bridge: Unable to start adb server: Unable to detect adb version, adb output: /Sdk/platform-tools/adb: 1: /Sdk/platform-tools/adb: Syntax error: “)” unexpected

Dari hasil bertanya dengan sesepuh google, saya menemukan jawaban di stackoverflow, bahwa masalah terletak pada platform-tools versi 23.1.0 pada Sistem Operasi Linux 32-bit. Yang perlu dilakukan ialah downgrade ke platform-tools versi 23.0.1 yang dapat diunduh dari https://dl-ssl.google.com/android/repository/platform-tools_r23.0.1-linux.zip

setelah selesai unduh, pindah file ke direktori sdk ( ~/Android/Sdk/ ) lalu rename folder platform-tools yang ada agar tidak conflict, kemudian unzip.

mv platform-tools_r23.0.1-linux.zip ~/Android/Sdk
cd ~/Android/Sdk
mv platform-tools platform-tools-notworking
unzip platform-tools-r23.0.1-linux.zip

Tutup program android studio, lalu jalankan lagi.

Buka project Helloworld yang sudah dibuat, lalu Run

dan voila! maka program akan dipasang pada device android yang terhubung dan dijalankan.

3 thoughts on “Membangun aplikasi menggunakan Android Studio 2.1 (1)

  1. zain muttaqin

    selamat malam kang feri saya zain dari bandung, saya sangat suka dengan linux dan hobby dengan fotografi.. setelah saya baca blognya kang feri ada tutorial tentang gimp.. kalo boleh ilmunya share dong kang feri berupa file pdf beserta gambar nya, kalo boleh saya beli per tiap tutorialnya, mohon bantuannya kang saya sangat antusias terhadap gimp dan ingin mendalaminya
    jika berkenan file bisa dikirim lewat email zainmuttaqin29@yahoo.co.id dan nanti kasih tau harga per tutorialnya

    1. Selamat malam kang,
      sebenarnya saya juga baru coba coba untuk gimp. kebanyakan saya coba-coba fiturnya (karena saya sudah cukup terbiasa dengan adobe photoshop, jadi tinggal cari fitur padanannya di GIMP).
      Namun untuk sekedar referensi ada beberapa situs yang berisi tutorial menggunakan gimp, diantaranya :
      http://www.noupe.com/inspiration/tutorials-inspiration/best-of-gimp-40-professional-tutorials-to-level-up-your-skills-79428.html
      http://gimp-tutorials.net/
      Salam.

Tinggalkan komentar

